Selasa, 21 Juni 2016

FUNGSI EXPANSION TANK CAP( TUTUP RADIATOR).


ALL NEW Focus 2.0L


Expansion Tank Cap atau Tutup Radiator berpungsi untuk mempertahankan tekanan dalam system pendingin, dan meningkatkan suhu didih cairan pendingin. Expansion Tank Cap ini di pasang pada Expansion Tank (Sub Tank), dan ada juga yang di atas Radiator itu Sendiri.

Seperti kita ketahui prinsip suhu jigka di beri tekana maka suhu bisa meningkat.! Sebagai contoh jika kita memasak ayam goreng mengunakan wajan maka bumbu kurang meresap sampai ke tulang karna suhu tidak di beri tekanan sehingga panas Sekitar 100 oC berbeda jika kita memasak menggunakan presto maka masakan akan lebih empuk bahkan bumbu meresap sampai ke tulang. Ini karena presto tertutup sehingga terjadi tekanan di dalam presto mengakibatkan suhu meningkat misalkan tekanan di dalam presto 1 Bar maka suhu bisa mencapai 120oC.

Jadi selain memberikan tekanan juga untuk mempercepat menaikan suhu kendaraan sehingga temperature kerja kendaraan cepat tercapai.

Expansion Tank Cap biasanya memiliki batas tekanan maksimal untuk membuka jadi apabila tekanan berlebih pada coolig system maka akan keluar mendorong mekanisme di dalam expansion Tank Cap. Setiap jenis kendaraan memiliki Batas  tekanan expansion tank cap yang berbeda namun biasanya suka di tertera di expansion cap itu sendiri entah itu satuan PSI atau Bar.
CATATAN : Jangan melepas Expansion Tank Cap saat mesin dalam keadaan hidup/panas sangatlah berbahaya. Bisa mengakibatkan luka serius. Karna membuka ketika panas akan menurunkan tekanan di dalam cooling system sehingga air radiator bisa tersembur keluar .
CATATAN : Gunakanlah Expansion Tank Cap yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Karna jika kita memberikan angka terlalu tinggi bisa mengakibatkan expansion tank pecah/cap dan jika memberi nilai rendah maka cairan pendingin akan cepat habis menguap karna expansion tank cap tidak mampu menjaga tekanan.




0 komentar: