PCM Ford Fiesta 1.4L |
Mesin Bensin/Diesel empat langkah
beroprasi mekanis tidak berubah banyak selama bertahun tahun, Hanya metode
untuk pemasokan bahan bakar, udara dan system pengapian yang mengalami
perubahan drastis yang selalu mendapat sentuhan, Dengan cara mengatur operasi
Engine secara signifikan memperbaiki oprasi engine, Efisiensi, Performa,
Kehandalan dan drivability perbaikan ini dimungkinkan menggunakan system Elecronic
Engine Management System agar
lebih akurat tentang pasokan bahan bakar, udara seta pengapianya. Dan hal ini
yang biasanya yang akan menjadi ungulan bagi setiap pabrikan kendaraan untuk
menaikan nilai jual dan menarik konsumen pasar masakini.
PCM
atau Powertrain Control Module adalah merupakan jantung dari Electronic
Engine Management System. PCM memproses informasi dari berbagai sumber
utuk mengelola pengoprasian engine. PCM juga mengatur oprasi aksesoris yang
secara secara langsung di gerakan (Driven) seperti kompresor A/C dan
Alternator.
PCM memonitor hal berikut, untuk
menentukan tindakan apa yang harus di ambil untuk mengoprasikan engine pada
Efisiensi yang optimal :
1. Sinyal
Electrical dari Sensor Engine.
2. Sinyal
Feedback Elecrical dari Actuator Engine.
3. Data
dan perintah dari Modul lain.
PCM dapat
Mengatur operasi engine yang di butuhkan kontrol program (SoftWare) yang di
simpan dalam memori. Dan pelaksanaan program ini di lakukan oleh internal
Microprocessor. Dan Microprocessor meng Evaluasi Sinyal yang di terima dari
sensor dan data dari Module lain, untuk mengendalikan Actuator. Actuator
mengatur pasokan Udara dan Bahan bakar yang masuk ke dalam Engine dan Ignition
memicu pembakaran campuran udara dan bahan bakar.
Sensor,
Actuator, Power Supply dan Ground terhubung ke PCM melalui 2 atau 3 kabel
PCM yang di
pasang di tempat yang keras seperti Kompartemen Engine, yang mungkin selalu
terkena panas Engine/Dingin serta kotoran debu da Getaran. Oleh karna itu PCM
di buat Multi-Pin Konektor PCM yang tahan terhadap cuaca panas/dingin serta di
amankan oleh system tuas pengunci dan Segel kedap air yang memastikan tidak ada
kontaminasi yang akan memasuki Konector yang bisa menimbulkan korosi pada PCM
dan Konektor Pin.
System tuas
penguncimemastikan konector tidak bisa terlepas akibat getaran dan tertarik
serta pin PCM yang banyak yang setiap pin di lapisi emas yang akan memeastikan
pin tahan terhadap korosi dan konduktivitas lebih tinggi.
Semua konector
(dalam jalur atau komponen) yang berada di kompartemen engine tahan terhadap
cuaca, serta seal yang menjaga terhadap kotoran dan air yang bisa mengakibatkan
korosi sehhingga bagi anda yang akan melakukan atau mengukur kabel ketika ada
kerusakan sangat tidak di sarankan untuk merusak seal dengan Backprobing
merusak seal karna akan membuat seal kedap air.
3 komentar:
sangat bagus
Apa beda pcm dan tcm ford fiesta
Maaf mau bertanya,mobil sy ford ranger thn 2012 XLT dobel cabin..saat jln berlumpur saya masukan gigi bantu 4 L tapi begitu mau kembalikan ke 2H tdk mau..4L berkedip..masalahnya ada dimana ya?trims
Posting Komentar