Minggu, 05 Juni 2016

Apasih PCM itu dan Buata apa Pungsinya,,??


PCM Ford Fiesta 1.4L

          Mesin Bensin/Diesel empat langkah beroprasi mekanis tidak berubah banyak selama bertahun tahun, Hanya metode untuk pemasokan bahan bakar, udara dan system pengapian yang mengalami perubahan drastis yang selalu mendapat sentuhan, Dengan cara mengatur operasi Engine secara signifikan memperbaiki oprasi engine, Efisiensi, Performa, Kehandalan dan drivability perbaikan ini dimungkinkan menggunakan system Elecronic Engine Management System  agar lebih akurat tentang pasokan bahan bakar, udara seta pengapianya. Dan hal ini yang biasanya yang akan menjadi ungulan bagi setiap pabrikan kendaraan untuk menaikan nilai jual dan menarik konsumen pasar  masakini.
               
        PCM atau Powertrain Control Module adalah merupakan jantung dari Electronic Engine Management System. PCM memproses informasi dari berbagai sumber utuk mengelola pengoprasian engine. PCM juga mengatur oprasi aksesoris yang secara secara langsung di gerakan (Driven) seperti kompresor A/C dan Alternator.

PCM memonitor hal berikut, untuk menentukan tindakan apa yang harus di ambil untuk mengoprasikan engine pada Efisiensi yang optimal :
1.       Sinyal Electrical dari Sensor Engine.
2.       Sinyal Feedback Elecrical dari Actuator Engine.
3.       Data dan perintah dari Modul lain.

     PCM dapat Mengatur operasi engine yang di butuhkan kontrol program (SoftWare) yang di simpan dalam memori. Dan pelaksanaan program ini di lakukan oleh internal Microprocessor. Dan Microprocessor meng Evaluasi Sinyal yang di terima dari sensor dan data dari Module lain, untuk mengendalikan Actuator. Actuator mengatur pasokan Udara dan Bahan bakar yang masuk ke dalam Engine dan Ignition memicu pembakaran campuran udara dan bahan bakar.
Sensor, Actuator, Power Supply dan Ground terhubung ke PCM melalui 2 atau 3 kabel






PCM yang di pasang di tempat yang keras seperti Kompartemen Engine, yang mungkin selalu terkena panas Engine/Dingin serta kotoran debu da Getaran. Oleh karna itu PCM di buat Multi-Pin Konektor PCM yang tahan terhadap cuaca panas/dingin serta di amankan oleh system tuas pengunci dan Segel kedap air yang memastikan tidak ada kontaminasi yang akan memasuki Konector yang bisa menimbulkan korosi pada PCM dan Konektor Pin.

System tuas penguncimemastikan konector tidak bisa terlepas akibat getaran dan tertarik serta pin PCM yang banyak yang setiap pin di lapisi emas yang akan memeastikan pin tahan terhadap korosi dan konduktivitas lebih tinggi.



Semua konector (dalam jalur atau komponen) yang berada di kompartemen engine tahan terhadap cuaca, serta seal yang menjaga terhadap kotoran dan air yang bisa mengakibatkan korosi sehhingga bagi anda yang akan melakukan atau mengukur kabel ketika ada kerusakan sangat tidak di sarankan untuk merusak seal dengan Backprobing merusak seal karna akan membuat seal kedap air.



3 komentar:

Alfiyanur mengatakan...

sangat bagus

Unknown mengatakan...

Apa beda pcm dan tcm ford fiesta

Unknown mengatakan...

Maaf mau bertanya,mobil sy ford ranger thn 2012 XLT dobel cabin..saat jln berlumpur saya masukan gigi bantu 4 L tapi begitu mau kembalikan ke 2H tdk mau..4L berkedip..masalahnya ada dimana ya?trims